5 cara memulai usaha tanpa modal besar bagi para pemula


5 cara memulai usaha tanpa modal besar bagi para pemula - Banyak orang ingin memulai usaha, agar memiliki bisnis sendiri. Karena pada dasarnya 9 dari 10 pintu rizki ada pada perdagangan. Beberapa alasan yang dijadikan motifasi ingin memulai usaha, diantaranya ingin mandiri tidak terikat kerja bengan perusahaan,ingin membantu perekonomian keluarga, ingin fokus mengurus anak dengan membuka usaha keci-kecilan dirumah, bahkan ada yang sudah mulai bosan kerja kantoran sehingga ingin memulai usaha sendiri.

5 cara memulai usaha tanpa modal besar bagi para pemula



Berikut beberapa tips memulai usaha : 

1. Minta dukungan keluarga




Dukungan keluarga merupakan motifasi yang sangat baik sebelum kita memulai usaha, karena dengan adanya dukungan keluarga menjadikan motifasi untuk memantapkan langkah memulai usaha. Memulai usaha jangan ragu-ragu karena dihantui kemungkinan-kemungkinan buruk seperti takut tidak laku,takut kurang modal,dll. Yang penting yakin dan semangat karena segala sesuatu harus dimulai dulu,sedangkan tahap perkembangan usaha tiap orang berbeda-beda,ada yang usahanya langsung besar ada yang meningkat perlahan karena memulai sesuatu mulai nol itu lebih nikmat dan ada kebanggaan tersendiri merasakan jatuh bangun dan naik turunnya usaha.

2. Baca peluang usaha




Membaca peluang usaha merupakan hal sepele tapi sangat penting,karena jika kita tidak jeli membaca peluang usaha maka akan memperlambat perkembangan usaha yang kita rintis,contoh membaca peluang usaha dengan modal sedikit antara lain :
* Jika rumahmu berada dipinggir jalan besar maka berjualan minuman dingin,makanan ringan,dan buah-buahan segar juga bisa
* Jika rumahmu pinggir jalan yang disekitarnya jauh dari SPBU maka berjualan bensin dan usaha tambal ban juga bagus
* Saat musim hujan datang  berjualan jas hujan merupakan peluang dan jika musim panas berjualan masker debu,kaca mata dan sarung tangan merupakan peluang juga
* tetapi jika rumah mu didalam gang kampung maka berjualan SEMBAKO,es bikinan sendiri dan gorengan merupakan peluang yang bagus.
* berbeda lagi jika rumahmu berada jauh dari perkampungan dan keramaian maka cobalah berkreasisesuai keahlian mu seperti jika kamu suka memasak, maka buatlah makanan ringan untuk dititipkan ketoko-toko atau warung yang kawasannya ramai.

3. Pilih  usaha sesuai pasion atau hobi


Segala sesuatu yang dikerjakan karena pasion atau hobi maka hasilnya akan lebih baik karena setiap orang memiliki keahlian dan hobi yang berbeda-beda. seperti halnya jika kamu hobi menjahit maka bukalah jasa menjahit,jika kamu hobi berdandan maka alangkah baiknya kamu kursus kecantikan yang kedepannya bisa membuka salon kecantikan.



4. Telaten,ulet dan fokus dengan usaha yang kamu rintis



Memulai usaha dari nol bukan lah hal yang mudah tapi disitulah letak perjuangannya, ini saya ceritakan dari pengalaman pribadi saya setelah lulus SMK banyak teman-teman saya yang ikut penyaluran tenaga kerja dari sekolahan untuk dikirim ke Batam dipabrik elektronik, saat itu saya juga tidak ingin meneruskan ke perguruan tinggi karena lebih ingin mencoba buka usaha sendiri. Dengan modal 500ribu saat itu saya gunakan untuk jualan pulsa dan asesoris hp dengan 1 etalase pemberian ibu saya. Dengan ketelatenan dan keuletan maka keuntungan yang saya dapat saya gunakan untuk mengembangkan usaha saya sedikit demi sedikit sehingga bisa membangun toko dan bisa mengisi penuh toko saya. Terus bersyukur adalah kunci sukses saat mengalami naik turun penjualan karena orang berjualan kadang rame kadang sepi tapi dengan bersyukur maka usaha yang kita rintis akan naik perlahan tapi pasti.

5. Hindari hutang



Hutang sebaiknya kita hindari jika anda memuali usaha dari nol, karena kita belum tahu apakah usaha yang kita rintis akan berkembang dengan cepat ataukah lambat. Gunakan modal sendiri meskipun kecil tapi tidak hutang jadi pilihlah usaha yang tidak membutuhkan modal besar, karena tidak sedikit pemula usaha yang gulung tikar karena terlilit hutang. Banyak juga orang yang berfikir kalau punya hutang jadi rajin bekerja padahal itu tekanan secara emosional yang kedepannya juga tidak baik bagi kesehatan.


Dari ulasan diatas maka kapan kamu akan mencoba? yap, benar sekarang saat nya jangan berfikir nanti yang penting langsung mencoba, jangan takut gagal karena semua pengusaha sukses juga pernah jatuh,bangun,gagal bahkan bangkrut. Tapi mereka bangkit dan terus mencoba dan terus mencoba, terus belajar dari kegagan.


Jangan ragu untuk mencoba, karena tidak ada yang tidak mungkin lakukan yang terbaik dan lakukan semua dengan hati. Yakinkan bahwa jika orang ingin berada diatas maka harus naik satu demi satu anak tangga dan raihlah mimpimu raih kesuksesanmu.


Salam sukses dan selamat mencoba. Semangat... 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel