5 cara menghilangkan kutu rambut dengan cara alami

5 cara menghilangkan kutu rambut dengan cara alami

Kutu rambut ? Apakah rambut anda berkutu ? Pasti situasi ini membuat anda tidak nyaman karena rasa gatal yang anda alami dikulit kepala, anda pasti ingin terus menggaruk kepala. Hal ini akan menurunkan kepercayaan diri anda karena mali, kadang anda akan dijauhi teman anda karena teman anda takut tertular kutu rambut ini.

5 cara menghilangkan kutu rambut dengan cara alami


Pada dasarnya kutu rambut merupakanparasit kecil yang hidup dikepala manusia karena mampu menghisap darah di kepala, penularan kutu rambut ini hanya dari manusia menular ke manusia. Kutu rambut ini bisa berkembang biak dengan cepat dengan cara bertelur dalam jumlah yang banyak, telur kutu ini biasanya berada dirambut dekat dengan kulit kepala.


Perkebang biakan kutu rambut ini akan menjadi lebih cepat jika anda kurang menjaga kebersihan rambut seperti malas keramas dengan bersih. Anak usia sekolah lebih rentan dihinggapi kutu rambut karena  sering kontak langsung antar kepala.

baca juga : 4 langkah mengendalikan marah
                   5 memulai usaha tanpa  modal

Beberapa hal yang harus dihindari agar tidak ada kutu rambut :

1.  Jangan malas keramas minimal 2hari 1x agar rambut selalu bersih
2. Hindari kontak langsung dalam pemakaian benda pribadi seperti sisir,topi,jepit rambut,handuk,bantal, dll.
3. Hindari aktifitas yang menghasikan banyak keringat karena kutu ini akan betah dirambut yang cenderung kotor,lembab dan bau karena keringat.


Tapi jika anda sudah terlanjur tertular kutu rambut maka berikut 5 cara mengusir kutu rambut debdan cara alami :

1. Keramas setiap hari



Keramaslah setiap hari dan saat keramas gunakan sampo yang banyak kemudian tutup tambut anda menggunakan handuk kecil berwarna putih, kemudian remas lembut rambut dan kulit kepala anda beberapa saat. Maka setelah anda buka handuk penutup kepala tadi pasti akan menempel beberapa kutu rambut.



2. Gunakan sisir serit



Sisir serit merupakan sisir dengan jarak antar gigi sekitar 0,2mm. Semakin sempit gigi sisir serit maka semakin efektif, namun dengan berkembangnya jaman kini banyak dijual sisir serit magnet yang mampu menghilangkan kutu beserta telurnya. Cara menggunakan sisir serit ini adalah saat anda selesai keramas maka gunakan sisir serit ini karena saat rambut basah akan memperlambat gerakan kutu dikulit kepala.


3. Minyak Zaitun 


Setelah anda melakukan cara ke-1 dan 2, maka setelah rambut dikeringkan dengan handuk kemudian oleskan minyak zaitun secara merata pada kulit kepalaanda dan pijat  lembut. setelah merata tutup rambut menggunakan tutup tepala atau handuk becil.




4. Gunakan kapur semut



Sudah banyak yang mempraktekkan penggunaan kapur semut ini sangat efektif mengusir kutu rambut. Tapi ingat bahwa sebelum menggunakan kapur semut ini, anda sudah nelakukan cara ke-1 dan 2 serta sebelum menggunakan kaput semut pastika rambut dalam keadaan kering. caranya tumbuk kapur semut kemudian oleskan merata pada kulit kepala lalu tutup kepala menggunakan  shower cup dan diamkan beberapa saat.

5. Asam Cuka



Jika anda memiliki asam cuka juga bisa digunakan untuk mengusir kutu rambut yang membandel. Caranya campur 2sdm cuka dan 2sdm minyak kelapa, oleskan merata keseluruh kulit kepala dan rambut, kemudian tutup kepala dengan shower cup sampai pagi, keramas sampai bersih pake sampo.





Kutu rambut akan segera mati dan bersih sampai telornya jika anda rajin dan rutin merawat kebersihan rambut. Bagi anda yang tidak berkutu maka hindari pemakaian sisir atau topi dengan orang yang berkutu.

Selamat mencoba 5 cara diatas semoga bermanfaat dan berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel