HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

15 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Bunda Persiapkan Sebelumnya

15 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Bunda Persiapkan Sebelumnya -Menunggu kelahiran buah hati adalah hal yang sangat menyenangkan bagi bunda,berbagai ritual adat dijalan kan serta berbagai persiapan pasti sudah bunda lakukan jauh-jauh hari. Para calon orang tua yang sedang menunggu kelahiran bayi seringkali binggung dalam memilih perlengkapan bayi dan ibu. Perlengkapan bayi baru lahir apa saja yang harus dibeli? Dan yang lebih penting lagi adalah kapan perlengkapan tersebut dibeli?



Karena mempersiapakan kelahiran sang buah hati merupakan hal yang paling wajib dan harus dilakukan oleh pasangan pasuntri yang sudah memasuki usia kehamilan tujuh bulan. Semua persiapan yang dilakukan mencakup dari segi finansial, fisik, dan psikis baik untuk ibu ataupun bayinya. Selain itu hal yang tidak kalah penting yang harus disiapkan adalah peralatan kebutuhan bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir membutuhkan banyak sekali pakaian dan juga perlengkapan lainnya. Agar bunda tidak bingung apa saja yang perlu disiapkan untuk menyambut buah hati maka berikut kami rangkumkan daftar peralatan bayi baru lahir yang perlu bunda siapakan sebelumnya :

1. Baju Bayi


Baju bayi adalah perlengkapan pertama yang harus bunda persiapkan. Baju sendiri ada dua jenis yang harus bunda siapkan yakni baju bayi lengan panjang dan pendek. Setidaknya bunda harus menyediakan masing-masing 6 buah untuk jenis baju. Baju lengan pendek biasa digunakan untuk cuaca panas seperti saat siang hari, sedangkan bila cuaca dingin seperti malam hari akan lebih nyaman bila menggunakan baju lengan panjang. Baju bayi biasanya hanya basah bila bayi sedang gumoh/mutah atau karena keringat berlebih. Jadi dalam sehari menyediakan 2-3 baju bayi sudah cukup kok.


2. Celana 


 Ada 2 jenis celana yang juga harus bunda persiapkan yaitu celana pendek dan celana panjang. Biasanya jenis celana pendek bayi yang sering digunakan adalah model celana Pop. karena model celana ini dipakai ketika bunda ingin mengajak si buah hati jalan-jalan. Model celana ini cukup untuk menutupi diapers yang digunakan. 1 Lusin celana Pop rasanya sudah cukup untuk kebutuhan harian si buah hati. Sedangkan celana panjang yang harus bunda persiapkan adalah model buntu dan berlubang. Model celana ini panjang tetapi tidak mempunyai lubang kaki. Model celana ini sangat cocok digunakan ketika bayi membutuhkan kehangatan. Masing-masingsiapkan 1/2 lusin celana panjang butu dan 1/2 lusin beberlubang kaki sudah cukup untuk kebutuhan bayi.

3. Diapers


Untuk diapers juga terdapat 2 pilihan yaitu diapers 1x pake dan diapers kain yang bisa dicuci dan dipake lg, terserah bunda mau pilih yang mana. Diapers berfungsi sebagai celana bagi bayi, popok harus segera diganti bila si buah hati pipisnya sudah penuh ataupun “pup”. Biasanya setiap 2 jam sekali bayi akan pipis, apalagi bila kondisi cuaca dingin bisa setiap satu jam sekali pipis.






4. Kain Bedong


Bedong adalah kain yang digunakan untuk membungkus bayi agar bayi merasa hangat dan nyaman. bedong dulu menggunakan kain lembut segi empat tapi sekarang sudang tersedia bedong langsung pake dan praktis. Kain bedong biasanya berukuran 110 cm x 90 cm, lebih lebar lebih baik karena akan memudahakan dalam proses pembedongan. Jumlah kain bedong yang harus disiapkan idealnya sama dengan jumlah popok bayi. Jadi, bunda setidaknya harus menyiapkan kain bedong sebanyak 1/2 lusin.


5. Kaos dalam / Singlet


Singlet atau kaos dalam merupakan pakaian penganti gurita. Sebagaian kalangan medis melarang penggunaan gurita karena dianggap menganggu sistem pernafasan bayi. Tetapi sebagian kalangan orang tua masih mengikuti tradisi lama menggunakan gurita pada bayi menjadi suatu kewajiban. Penggunaan pakaian bayi memang seharusnya didiskusikan kepada tenaga medis yang berkopeten sehingga kesehatan bayi tetap terjaga. Bila bayi tidak nyaman menggunakan gurita maka salah satu alternatifnya yakni menggunakan singlet. Rasanya 1 lusin singlet sudah cukup untuk kebutuhan harian bayi.





6. Kaos Kaki dan Sarung Tangan


Perlengkapan bayi baru lahir yang selanjutnya adalah kaos kaki dan sarung tangan. Perlengkapan ini terkadang disepelekan, padahal fungsinya cukup penting untuk menjaga kehangatan dan kenyamanan bayi. Jika kaki si kecil kedinginan maka akan membuatnya tidak nyaman dan susah tidur. Oleh karena itulah bunda butuh kaos kaki untuk menghangatkannya. Sementara itu kaos tangan fungsinya juga hampir sama yakni menghangatkan bagian telapak tangan bayi.Selain untuk menghangatkan, kaos tangan juga sebagai pelindung kuku bayi supaya tidak mencakar wajahnya sendiri karena gerakmotorik bayi masih perlu dilatih. Jadi untuk persiapkan kaos kaki dan sarung tangan masing-masing sebanyak 1/2 lusin. Sebaiknya bunda memilih kaos kaki dan sarung tangan yang memiliki kualitas bagus agar tidak mudah kendor ketika dipakai Sehingga tidak mudah terlepas dan nyaman dikulit.

7. Gendongan Bayi

Gendongan bayi ataupun kain panjang biasanya digunakan untuk mengendong bayi dalam waktu yang lama. Gendongan kini memiliki banyak pilihan modelyang sangat penarik dan lebih praktis, tergantung bunda ingin menggunakan model yang mana tapi pilihlah bahan yang lembut dan halus sehingga bayi akan merasa nyaman saat digendong. Kalau bayi digendong hanya dengan tangan biasanya bayi akan merasa kurang nyaman. Apalagi bila bayi sedang rewel maunya di gendong terus, maka gendongan bayi ini bisa jadi solusi dari masalah bunda.










8. Perlengkapan Kesehatan


Perlengkapan kesehatan adalah perlengkapan penunjang yang wajib ada agar kondisi bayi tetap terjaga kesehatannya, bunda perlu menyiapkan berbagai peralatan yang berhubungan dengan kesehatan bayi. Perlengkapan kesehatan bayi baru lahir meliputi: Minyak kayu putih, baby oli, tissu basah, tissu kering, cutton bad, minyak telon, kain kassa, plester anti deman serta perlengkapan tambahan lainnya.






9. Perlengkapan Mandi


Untuk Perlengkapan mandi bayi yang perlu bunda siapkan seperti Bak spesial untuk mandi bayi, sabun mandi berikut dengan shampoo dan juga jangan lupa menyiapkan handuk yang lebut. Perlengkapan bayi baru lahir untuk mandi harus ditaruh di tempat yang bersih agar tidak terkena kuman.Peralatan mandi untuk bayi harus benar-benar diperhatikan. Jangan asal dalam memilih sabun atau shampoo yang digunakan, pilihlah produk yang memang khusus dibuat untuk bayi dan anak-anak. Karena kulit bayi sangat tipis dan sensitif jadi jangan sampai kulit bayi anda menjadi gatal ataupun merah-merah karena penggunaan sabun atau sampoo yang tidak tepat.

10. Selimut Bayi

Perlengkapan bayi yang selanjutnya adalah selimut bayi. Selimut bayi biasanya digunakan ketika saat berpergian untuk melindungi bayi dari angin dan menjaga suhu tetap hangat. Selain itu selimut bayi juga bisa digunakan ketika cuaca dingin sehingga suhu tubuh buah hati tidak sampai kedinginan. Pilihlah selimut bayi dengan bahan yang lembut, halus dan nyaman digunakan.










11. Tempat Tidur, Bantal Dan Guling Bayi

 Bayi membutuhkan istirahat yang yaman untuk menunjang tumbuh kembang dan perkembangan otaknya. Maka agar bayi bisa tidur dengan nyaman tidak ada salahnya untuk menyiapkan tempat tidur khusus agar si kecil bisa istirahat dengan nyaman. Biasanya bantal guling sudah satu paket ketika membeli kasur, tetapi bila tidak ada maka bunda harus membelinya secara terpisah. Pilihlah bantal guling yang berkualitas bagus agar tidak mudah lepek dan kempes ketika dipakai.Bunda bisa membeli tempat tidur sederhana yang telah dilengkapi dengan kain kelambu, sehingga bisa melindungi si kecil dari nyamuk. Saat ini banyak sekali model tempat tidur bayi, bahkan ada yang model portable sehingga mudah untuk dipindah-pindah tempatnya.


12. Perlak Tipis Anti Pipis

Perlak tipis anti pipis ini sudah jarang dibeli sebagai perlengkapan bayi karena para bunda lebih memilih memakaikan diapers pada bayi sehingga tidak membutuhkan perlak tipis. Jadi terserah bunda menambahkan perlengkapan yang satu ini atau tidak. Dulu para bunda menggunakan terpal tipis ini agar ketika bayi pipis tidak sampai merembes ke dalam kasur, bunda perlu memasang perlak sebagai alas bayi. Bunda bisa membeli perlak ukuran 70cm X 90cm, ukuran tersebut sudah cukup untuk melapisi bagian bawah bayi agar air kencingnya tidak merembes ke kasur. Jika bunda ingin membeli perlak tipis cukup 2 buah  agar bisa
digunakan secara bergantian.
13. Tas Bayi

Perlengkapan tas bayi juga harus bunda persiapkan. Tas yang bisa menampung berbagai peralatan bayi akan sangat membantu bunda ketika sedang berpergian dengan si bua hati. Tas bayi biasanya mimiliki kapasitas yang cukup besar dengan banyak kantong sehingga mampu menampung banyak barang. Bila bunda sudah mempunyai tas dengan ukuran yang cukup besar, tidak perlu lagi membeli tas baru. Bunda bisa menggunakan tas lama tersebut, ingat kebutuhan bayi semakin lama semakin besar, jadi utamakan yang penting-penting dulu agar tidak mengalami kesulitan ekonomi dengan bertambahnya anggota keluarga gara-gara membeli barang yang kurang bermanfaat.




14. Lemari Pakaian Bayi

Lemari Pakaian bayi juga perlu anda siapkan karena dengan bertambahnya anggota keluarga tentu kuota lemari yang sudah ada akan sangat sempit atau bahkan tidak muat untuk menampung pakaian si kecil. Oleh karena itu bunda perlu menyiapkan lemari khusus untuk bayi, selain memudahkan dalam menata pakaian dengan menempatkan pakaian secara terpisah akan menjaga pakaian bayi tetap steril dan rapi. Belilah lemari sesuai dengan budget yang bunda miliki, ingat jangan mengejar gengsi yang penting utamakan kegunaan dan manfaatnya. Jika menginginkan lemari yang ekonomis, bunda bisa membeli lemari plastik yang banyak dijual di berbagai tempat furniture.   




15. Botol Dot

Perlengkapan yang satu ini boleh tidak anda beli jika anda ingin memberi ASI eksklusif pada bayi anda selama 2tahun. Karena ASI merupakan nutrisi paling baik dan lengkap untuk perkembangan si buah hati, namu demikian tidak semua ibu bisa memberikan ASI untuk si buah hati. Selain alasan penampilan, terkadang banyak ibu yang memang kesulitan dalam memberikan ASI kepada bayi karena memang ada kendala fisik ataupun ASI nya tidak keluar padahal sudah berbagai cara dilakukan. Oleh karena itulah salah satu alternatifnya yakni menggunakan susu formula. Ketika memberikan susu formula maka bunda juga harus mempersiapkan botol dot bayi serta alat untuk menyeterilkan botol tersebut. Yang penting untuk alat seterilisasi pilihlah yang “BPA Free” demi menjaga kesehatan bayi dari bahan kimia.

Beberapa perlengkapan yang lain bisa dibeli menyusul sesuai kebutuhan karena tiaporang berbeda-beda jadi belilah yang utama dan yang penting dulu. Jangan belanja semua perlengkapan secara berlebuhan karena saat melahirkan akan banyak kerabat dan teman yang pastinya akan menjenguk dengan membawa berbagai macam kado perlengkapan bayi yang bisa anda gunakan jadi uang yang ada bisa disimpan dulu untuk keperluan mendadak lainnya.

Bagi ibu yang baru saja melahirkan juga membutuhkan beberapa alat bantu untuk menjaga kondisi fisiknya agar tetap sehat dan terjaga. Salah satunya adalah gurita. Gurita membantu menjaga kesetabilan perut yang baru saja melahirkan, persiapkanlah setidaknya 3 gurita. Selain itu bunda juga perlu mempersiapkan sarung ataupun kain jarik untuk memudahkan aktifitas. Ada juga sebagian ibu-ibu yang harus menggunakan stagen untuk lebih memperkuat posisi perut. Persiapkan juga baju dengan kancing depan untuk memudahkan dalam menyusui si buah hati. Jangan lupa juga untuk mengatisipasi masa nifas dengan mempersiapkan pembalut dalam jumlah lebuh banyak agar cukup.

Ingat ya bunda daftar di atas tidak harus dibeli sekaligus, bunda bisa membelinya secara bertahap sambil menunggu masa kelahiran. Untuk menghemat biaya bunda bisa membeli perlengkapan bayi dan ibu di atas di toko grosir perlengkapan bayi yang terpercaya dengan harga dan kualitas terjamin.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Salam sehat











Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait